Minggu, 22 Juli 2012

Qur'an Cirebon

18 Al-Qur'an Kuno dari Cirebon

(1)  Mushaf A (EPJ-1). Mushaf ini adalah milik EPJ (inisial), dari keluarga kesultanan. Ia mewarisi seluruh naskahnya secara turun-temurun. 


(2)  Mushaf B (EPJ-2). Mushaf ini tidak lengkap, bagian awal dan akhir mushaf sudah hilang. 

(3) Mushaf C (BTT-1). Koleksi Pesantren Buntet. Bahan kertas Eropa, naskah tidak lengkap, dan kondisinya telah rusak. Tulisan cukup bagus, tampak penulisnya terlatih.
[Foto: H Enang Sudrajat]

(4) Mushaf D (BTT-2). Koleksi Pesantren Buntet. Bahan kertas Eropa, kondisi naskah telah rusak, tidak lengkap. Tulisan sangat sederhana.
[Foto: H Enang Sudrajat]

(5) Mushaf E (BTT-3). Koleksi Pesantren Buntet. Bahan kertas Eropa, mushaf tidak lengkap, dan kondisi naskah telah rusak. Tulisan cukup sederhana, namun tampak konsisten.
[Foto: H Enang Sudrajat]

(6) Mushaf F (MDJ-1). Mushaf ini terdapat di Masjid Dog Jumeneng, di kompleks makam Sunan Gunung Jati, Gunung Sembung. 

(7)  Mushaf G (MDJ-2). Mushaf ini koleksi Masjid Dog Jumeneng. Kondisi naskah tidak lengkap, hanya tersisa sedikit. Ukuran naskah 31 x 19 x 2 cm, bidang teks 20 x 12.

(8) Mushaf H (MDJ-3). Koleksi Masjid Dog Jumeneng. Mushaf tidak lengkap, yang tersisa mulai Surah al-Ma’idah hingga Surah al-Mulk.

(9) Mushaf I (MDJ-4). Mushaf koleksi Masjid Dog Jumeneng. Mushaf tidak lengkap, yang tersisa mulai Surah an-Nisa hingga Surah al-Muzzammil.

(10) Mushaf J (MDJ-5). Mushaf koleksi Masjid Dog Jumeneng, kertas Eropa. Mushaf tidak lengkap.

(11) Mushaf K (MBM-1). Mushaf ini terletak di makam Mbah Buyut Muji, seorang abdi dalem Kraton Kasepuhan, tokoh penyebar Islam pada sekitar tahun 1600 – demikian menurut juru kunci. 

(12) Mushaf L (KCR-1). Mushaf ini koleksi Kraton Kacirebonan. 

(13) Mushaf M (KCR-2). Koleksi Kraton Kacirebonan. Mushaf ini telah mengalami pemotongan ulang, karena banyak teks di pinggir ahalaman yang terpotong. Kondisi naskah rusak, tidak lengkap. 

(14) Mushaf N (KCR-3). Koleksi Kraton Kacireboan. Bagian depan dan belakang mushaf ini telah hancur. 

(15) Mushaf O (MDJ-6). Koleksi Masjid Dog Jumeneng, kompleks makam Sunan Gunung Jati. 

(16) Mushaf P (EPJ-3). Mushaf ini milik EPJ. Kondisi naskah tidak lengkap, bagian depan hancur, dan dimakan rayap. 

(17) Mushaf Q (MDJ-7). Mushaf koleksi Masjid Dog Jumeneng. Kondisi naskah tidak lengkap, bagian awal mulai dari Surah al-Baqarah. 

(18) Mushaf R (MDJ-8). Mushaf koleksi Masjid Dog Jumeneng. Mushaf ini cetakan Taj Company Limited, Lahore-Karachi, Pakistan, diperkirakan pertengahan atau paruh akhir abad ke-20. 

2 komentar: