Kamis, 12 April 2012

Mushaf Bahriyah

Mushaf Al-Qur’an Bahriyah (Turki)

Dalam perbincangan tentang mushaf al-Qur'an di Indonesia, lebih khususnya mengenai "Mushaf al-Qur'an Standar Indonesia", istilah "Mushaf Bahriyah" akan sering disebut, karena masuk dalam salah satu 'jenis' Qur'an yang distandarkan di Indonesia (lihat: http://quran-nusantara.blogspot.com/2012/08/normal-0-false-false-false-in-x-none-ar_26.html). Meskipun demikian, banyak orang bertanya-tanya, seperti apakah sesungguhnya 'Mushaf Bahriyah' itu?

Dalam penelusuran di Istanbul, Turki, pada 2011, saya menemukan Mushaf Al-Qur’an Bahriyah terdapat dalam koleksi Beyazit Devlet Kutuphanesi, sebuah perpustakaan pemerintah, dengan nomor koleksi V 4119 M. Mushaf tersebut berukuran agak kecil, yaitu 17,5 x 10,5 dengan ketebalan 3 cm. Cover mushaf berwarna coklat dengan hiasan berbentuk segi empat dan motif floral yang dicapkan pada permukaan cover dengan teknik blind stamping (cap tanpa warna) (Gambar 1). Halaman beriluminasi pada awal mushaf berisi Surah al-Fatihah dan Surah al-Baqarah ayat 1 – 5. Iluminasi bermotif floral dan geometris berwarna hijau, kuning, merah, dengan garis hitam. Khat yang digunakan adalah Naskhi yang sangat indah (Gambar 2).
Sistem penulisan Al-Qur'an yang digunakan adalah “ayat pojok”, yaitu setiap halaman diakhiri dengan penghabisan ayat (Gambar 3). Setiap juz berisi 20 halaman, dan selalu diawali di  halaman sebelah kiri (Gambar 4, 5). Sistem ini biasa digunakan dalam mushaf-mushaf dari Turki, khususnya dalam bentuk cetakan.
Mushaf ini ditutup dengan doa Khatam Al-Qur'an (Gambar 6), dan sebuah kolofon dalam bahasa Turki yang menyatakan bahwa mushaf ini telah ditashih oleh badan yang berwenang (Gambar 7). Di bagian bawah halaman tashih ini terdapat tulisan “Matba’ah Bahriyah” dalam bentuk bulat (Gambar 8). Sesuai angka yang terdapat dalam kolofon, mushaf ini dicetak pada tahun 1329 H (1910-1911).
Bahriyah adalah badan percetakan milik Angkatan Laut Kesultanan Usmaniyah. Badan percetakan ini tidak hanya mencetak mushaf, namun juga buku-buku keagamaan lainnya, seperti fikih, tauhid, dan lain-lain. Sejarah mengenai Matba’ah Bariyah belum banyak diketahui, namun diperkirakan bahwa percetakan ini telah aktif sejak akhir abad ke-19.
[Ali Akbar - aliakbarkaligrafi@yahoo.com]
 
 
 Gambar 1. Cover Mushaf Al-Qur’an Bahriyah

Gambar 2. Halaman Surah al-Fatihah dan awal Surah al-Baqarah.

Gambar 3. Halaman 2-3.
  
Gambar 4. Halaman awal Juz ke-15 (awal Surah al-Isra)’.

Gambar 5. Halaman awal Juz ke-16 (Surah al-Kahf).
 
Gambar 6. Halaman akhir mushaf.
   
Gambar 7. Halaman kolofon di akhir mushaf, menyatakan bahwa mushaf
 ini selesai dicetak pada tahun 1329 (1910-1911 M).
   
Gambar 8. Logo Percetakan Matba’ah Bahriyah di akhir mushaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar