Kamis, 21 Maret 2013

Mata kuliah Kajian Mushaf

Catatan: "Kajian Mushaf Al-Qur'an di Indonesia" merupakan mata kuliah baru, oleh karena itu perlu penyempurnaan dari waktu ke waktu. Terima kasih kepada Dr. Ali Nurdin dan Dr. Ahmad Husnul Hakim, dekan Fakultas Ushuluddin yang menerima mata kuliah ini untuk diajarkan di Fakultas Ushuluddin Institut PTIQ, sejak 2009. 

Mata Kuliah: “Kajian Mushaf Al-Qur’an di Indonesia”
Institut Perguruan Tinggi Ilmu al-Qur’an (PTIQ)
Jalan Batan 1 No. 2 Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan 12440 
Pengajar: Ali Akbar, M.Hum. 

Tujuan
Penyampaian mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa: 
1. Mengetahui kronologi perkembangan mushaf di Indonesia, dari tradisi manuskrip (tulisan tangan), litografi (cetak batu), hingga cetakan modern. 
2. Mengetahui kekhasan tradisi penulisan mushaf di Indonesia dan membandingkannya dengan tradisi penulisan mushaf di beberapa wilayah dunia Islam. 
3. Mengetahui aspek-aspek kajian kodikologi* mushaf di Indonesia, yaitu mencakup tulisan (kaligrafi), iluminasi, kertas, alat tulis, layout, koleksi mushaf di berbagai lembaga, dan lain-lain.
4. Mengetahui ragam qiraat, rasm, tanda tajwid, dll. dalam mushaf-mushaf di Indonesia. 
Mushaf koleksi Institut PTIQ, Jakarta.

* Kodikologi berasal dari kata codex (= naskah), yaitu ilmu tentang naskah secara fisik—bukan isi teks yang dikandung suatu naskah. Kodikologi mencakup pembahasan tentang tulisan (kaligrafi), iluminasi, ilustrasi, tata muka (lay out), kertas, alat tulis, tinta, jilidan, persebaran dan perdagangan naskah, dan lain-lain.

Cakupan Materi Kuliah
Mata kuliah ini mencakup bahasan hal-hal sebagai berikut:
1.  Pengenalan umum, dan signifikansi kajian mushaf Nusantara.
2.  Perbandingan ragam mushaf dunia Islam (Magribi, Mamluk, Turki Usmani, Asia Tengah, Safawi, Moghul, Cina, Nusantara) (lihat: http://quran-nusantara.blogspot.com/2013/02/mushaf-dunia-islam.html; http://quran-nusantara.blogspot.com/search/label/-Mushaf%20Dunia%20Islam).
3.  Kekhasan mushaf Nusantara (Patani, Terengganu,  Aceh, Bugis-Makassar, Jawa, dll.) (lihat: http://quran-nusantara.blogspot.com/search/label/%28a%29%20Mushaf%20Tulis%20Tangan).
4.  Ragam kaligrafi (teks Al-Qur'an, kepala surah, teks pinggir halaman, dan kolofon) (lihat: http://quran-nusantara.blogspot.com/search/label/-Kaligrafi).
5.  Ragam iluminasi (awal, tengah, dan akhir mushaf) (lihat: http://quran-nusantara.blogspot.com/search/label/-Iluminasi).
7.  Rasm, ragam qiraat, tanda tajwid, dan tanda-tanda baca.
8.  Doa khatam Al-Qur'an, keterangan ragam qiraat, dan ulumul Qur’an.
9.  Cetakan litografi (cetak batu) dari India dan Singapura (lihat: http://quran-nusantara.blogspot.com/search/label/%28b%29%20Mushaf%20Cetakan%20Awal).
13. Mushaf-mushaf indah masa kini (Mushaf Istiqlal, Mushaf Sundawi, Mushaf at-Tin, Mushaf Jakarta, Mushaf Kalbar, Mushaf Karaton Yogyakarta, dan Mushaf al-Bantani) (lihat: http://quran-nusantara.blogspot.com/search/label/%28f%29%20Mushaf%20Indah%20Kontemporer).
14. Perkembangan mutakhir cetakan mushaf (desain produk, ragam materi, iluminasi, ilustrasi, penerbit).

Topik Bahasan
Ada tujuh topik bahasan yang ditulis oleh kelompok mahasiswa dalam bentuk makalah ringkas dan didiskusikan di kelas. Sebagian bahannya dapat dilihat pada beberapa artikel singkat dalam blog ini (di samping artikel lainnya), dengan petunjuk link sebagai berikut:
1.  Mushaf dunia Islam (Magribi, Mamluk, Turki Usmani, Asia Tengah, Safawi, Moghul, Cina) (lihat: http://quran-nusantara.blogspot.com/search/label/-Mushaf%20Dunia%20Islam; http://quran-nusantara.blogspot.com/2013/02/mushaf-dunia-islam.html#more).
3.  Mushaf litografi dari India, Turki, Singapura, Palembang (lihat: http://quran-nusantara.blogspot.com/search/label/%28b%29%20Mushaf%20Cetakan%20Awal).
5.  Mushaf tahun 1984 – 2003 (sejak "pembakuan" Mushaf Standar Indonesia, tanpa mushaf-mushaf indah kontemporer) (lihat: http://quran-nusantara.blogspot.com/search/label/%28g%29%20Mushaf%20Standar%20Indonesia; http://quran-nusantara.blogspot.com/search/label/%28d%29%20Mushaf%20Cetakan%201984-2003).
7.  Mushaf indah kontemporer (Mushaf Istiqlal, Mushaf Sundawi, Mushaf at-Tin, Mushaf Jakarta, dll) (lihat: http://quran-nusantara.blogspot.com/search/label/%28f%29%20Mushaf%20Indah%20Kontemporer).

Tugas Mahasiswa dan Bobot Nilai
1.  Hadir mengikuti kuliah di kelas (10%).
2.  Membuat makalah tugas kelompok dan presentasi kelompok (20%).
3.  Membuat ringkasan dua halaman untuk masing-masing tujuh topik bahasan di atas (30%).
4.  Ujian Akhir Semester (40%).

Pembuatan dan Penyajian Makalah
·    Mahasiswa dibagi menjadi tujuh kelompok, masing-masing kelompok menulis makalah sesuai topik di atas.
·    Makalah disajikan oleh suatu kelompok dan ditanggapi oleh mahasiswa lainnya.


Sumber Naskah dan Rujukan
Sebagian bahan dapat dilihat dalam blog ini <quran-nusantara.blogspot.com> (lihat “Kategori” di lajur kanan), atau silakan klik link pada bagian Topik Bahasan di atas. Di samping itu, bahan-bahan lainnya dapat dilihat di beberapa tempat, misalnya:
1.   Untuk manuskrip dan mushaf cetakan, lihat:
a.    Museum al-Qur’an PTIQ
b.   Bayt al-Qur’an & Museum Istiqlal, Taman Mini Indonesia Indah
c.    Perpustakaan Nasional RI, Lantai 5 (Jl. Salemba Raya 28 A Jakarta)
d.   Toko Buku Gramedia dll (untuk cetakan Qur’an mutakhir)
2.   Sejumlah artikel terkait lihat Daftar Pustaka mata kuliah ini (lihat di bawah).
3.   Artikel-artikel yang dimuat dalam “Kumpulan Tulisan tentang Kajian Mushaf al-Qur’an di Nusantara dan Tulisan Terkait Lainnya”, jilid 1 dan 2 – menyusul jilid 3 (fotokopian, dikumpulkan oleh Ali Akbar).
4.   Wawancara dengan anggota Lajnah, dll.


Catatan: Kuliah disampaikan dengan contoh-contoh foto, menggunakan alat bantu berupa laptop dan projektor.

Kisi-kisi Tugas Penulisan Makalah
(Berlaku untuk semua topik makalah. Bisa ditambah atau dikurangi, sesuai dengan topiknya).

A. Pendahuluan
(Uraikan pendahuluan yang relevan)

B. Deskripsi Mushaf
(Sebutkan dan jelaskan mushaf-mushaf yang menjadi bahan kajian).

C. Aspek Historis
(Uraikan tinjauan historis menyangkut asal-usul mushaf yang dikaji, latar belakang perkembagannya, konteks pemakaiannya di masyarakat, dll.)

D. Aspek Teks
1.     Rasm (usmani atau imla’i, dan berikan contohnya).
2.    Qiraat (jelaskan jenis qiraat yang digunakan)
3.    Tanda Baca dan Tanda Tajwid (uraikan jenis-jenis tanda tajwid yg digunakan)
4.    Pembagian Teks Al-Qur'an (tanda ayat, juz, nisf, rubu’, sumun, ruku’, manzil, dll.)
5.    Tinjauan Teks Al-Qur’an (misalnya, ada kesalahan penulisan, dll.).
6.    Teks-teks tambahan (bila ada)
a.    Teks Sebelum Al-Qur'an (kolofon, doa, wakaf, ulumul Qur’an, dll.)
b.    Teks Sesudah Al-Qur'an (doa khatam Al-Qur'an, daftar imam qiraat, kolofon, dll.)
c.     Teks Tambahan lainnya (terjemahan antarbaris, hadis fada’ilus-suwar, dll.)

E. Aspek Perwajahan (Visual)
1.     Kaligrafi (uraikan jenis kaligrafi yang digunakan untuk teks Al-Qur’an, kepala surah, dll).
2.    Iluminasi (uraikan iluminasi/hiasan yang digunakan pada awal, tengah, dan akhir Al-Qur’an, juga pada kepala surah, tanda-tanda juz, dll.)
3.    Jilidan (uraikan tentang hiasan/desain cover dan model jilidannya)
4.    Kertas (uraikan jenis kertas yang digunakan. Untuk mushaf kuno, lihat watermark-nya (cap kertas).

F. Kesimpulan

G. Daftar Pustaka
(Cantumkan hanya buku-buku yang dirujuk saja).

H. Lampiran
(Lampirkan foto/gambar mushaf yang relevan saja)


Daftar Pustaka

Bibliografi Kajian Mushaf Al-Qur'an Nusantara

Buku
Atjeh, Aboebakar. 1989. Sejarah Al-Qur'an. Solo: Ramadhani. Cetakan ke-6 [Cetakan ke-1 tahun 1948]
Bafadhal, Fadhal AR dan Anwar, Rosehan. 2005. Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan
Baker, Colin F. 2007. Qur’an Manuscripts: Calligraphy, Illumination, Design. London: The British Library. [hlm. 90-94]
Kawashima Midori (ed.). 2012. The Qur'an and Islamic Manuscripts of Mindanao. Tokyo: Institute of Asian Cultures, Sophia University. [Contributors: Tirmizy E. Abdullah, Annabel Teh Gallop, Kawashima Midori, Ervan Nurtawab, Labi Sarip Riwarung]
Syarif, M Ibnan. 2003. Ketika Mushaf Menjadi Indah. Semarang: Aini
Zain, Dzul Haimi Md. 2007. Ragam Hias Al-Qur'an di Alam Melayu. Kuala Lumpur: Utusan Publications and Distributors [Ulasan singkat: http://quran-nusantara.blogspot.com/2012/09/ragam-hias-quran-melayu.html#more

Booklet
1997. Penulisan Al-Qur'an Mushaf Sundawi Jawa Barat.
Buchari, Mahmud. 1999. Al-Qur’an: Manuskrip Mushaf Wakaf untuk Mengenang Almh. Ibunda Hjh. Fatimah Siti Hartinah Soeharto, (Jakarta: Kharisma).


Jurnal, Bagian dari buku
Akbar, Ali. 2004. ”Menggali Khazanah Kaligrafi Nusantara: Telaah Ragam Gaya Tulisan dalam Mushaf Kuno”. Jakarta, Jurnal Lektur Keagamaan, 2 (1): 57-72 [Unduh: https://www.academia.edu/26460869/Menggali_Khazanah_Kaligrafi_Nusantara_Telaah_Ragam_Gaya_Tulisan_dalam_Mushaf_Kuno]
Akbar, Ali. 2005. ”Memperindah Firman Allah: Beberapa Aspek Kodikologi MS A.47 Koleksi Perpustakaan Nasional, Jakarta”. Jakarta, Jurnal Lektur Keagamaan, 3 (2): 219-233
Akbar, Ali. 2005. ”Mushaf-mushaf Banten: Mencari Akar Pengaruh”, dalam Fadhal AR Bafadhal dan Rosehan Anwar, Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, h. 97-109
Akbar, Ali. 2006. ”Tradisi Lokal, Tradisi Timur Tengah, dan Tradisi Persia-India: Mushaf-mushaf Kuno di Jawa Timur”. Jakarta, Jurnal Lektur Keagamaan, 4 (2): 242-261 [Unduh: https://www.academia.edu/26460868/Tradisi_Lokal_Tradisi_Timur_Tengah_dan_Tradisi_Persia-India_Mushaf-mushaf_Kuno_di_Jawa_Timur]
Akbar, Ali. 2006. ”Beberapa Aspek Mushaf Kuno Indonesia”. Jakarta, Dialog, No.61, Th.29, h. 78-93
Akbar, Ali. 2007. ”Tracing Individual Styles: Islamic Calligraphy from Nusantara”. Jakarta, Jurnal Lektur Keagamaan, 5 (2): 244-255. [Unduh: https://www.academia.edu/26460867/Tracing_Individual_Styles_Islamic_Calligraphy_from_Nusantara]
Akbar, Ali. 2010. “Mushaf Sultan Ternate Tertua di Nusantara?: Menelaah Kembali Kolofon”, Jurnal Lektur Keagamaan, Vol.8, No.2, h. 283-296 [Unduh: https://www.academia.edu/26460866/Mushaf_Sultan_Ternate_Tertua_di_Nusantara_Menelaah_Ulang_Kolofon]
Akbar, Ali. 2010. “Khazanah Mushaf Kuno Nusantara” dalam Oman Fathurahman, dkk (ed.) Filologi dan Islam Indonesia, (Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan), h. 181-208 [Unduh: https://www.academia.edu/26460865/Khazanah_Mushaf_Kuno_Nusantara]
Akbar, Ali. 2011. “Tradisi Mushaf Al-Qur’an di Lombok” dalamPerkembangan Mushaf, Terjemahan, dan Tafsir al-Qur’an di Indonesia (katalog pameran), (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an), h.7-13 [Unduh: https://www.academia.edu/3092390/Tradisi_penyalinan_mushaf_Al-Quran_di_Lombok; atau lihat: http://quran-nusantara.blogspot.com/2012/04/tradisi-mushaf-al-quran-di-lombok.html]
Akbar, Ali. 2011. “Pencetakan Mushaf Al-Qur’an di Indonesia”, Suhuf, Vo.4, No.2, h. 271-287 [Unduh: https://www.academia.edu/2637901/Pencetakan_Mushaf_Al-Quran_di_Indonesia]
Akbar, Ali. 2012. "Khazanah Mushaf Al-Qur'an Kuno Maluku" (katalog pameran) (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an)
Akbar, Ali. 2014. "Manuskrip Al-Qur'an dari Sulawesi Barat: Kajian Beberapa Aspek Kodikologi", Suhuf, Vol.7, No.1, h. 101-123 [Unduh: https://www.academia.edu/26460863/Manuskrip_Al-Quran_dari_Sulawesi_Barat_Kajian_Beberapa_Aspek_Kodikologi]
Akbar, Ali. 2015. "The Influence of Ottoman Qur'ans in Southeast Asia Through the Ages" dalam A.C.S. Peacock dan Annabel Teh Gallop (eds.), From Anatolia to Aceh: Ottomans, Turks, and Southeast Asia, (Oxford: Oxford University Press), h. 311-334.
Al-Haqiri, M Syatibi. 2005. ”Menelusuri Al-Qur'an Tulisan Tangan di Lombok”, dalam Fadhal AR Bafadhal dan Rosehan Anwar, Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, h. 142-168
Anwar, Rosehan. 2005. ”Mushaf Kuno di Palembang”, dalam Fadhal AR Bafadhal dan Rosehan Anwar (ed.), Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, h. 68-96
Arifin, Zaenal. 2013. “Kajian Ilmu Rasm Usmani dalam Mushaf Al-Qur’an Standar Usmani Indonesia.” Suhuf 6 (1), h. 35-58
Arsyad, Harisun. 2006. ”Menelusuri Khazanah Mushaf Kuno di Aceh”. Jakarta,Jurnal Lektur Keagamaan, 4 (2): 214-241
Behrend, Tim. 2005. “Frontispiece Architecture in Ngayogyakarta: Notes on Structure and Sources”, Paris: Archipel 69, h. 39-60
Buchari, Mahmud. 1991. “Mushaf Al-Qur'an Istiqlal”. Dalam Joop Ave (ed.),Nafas Islam Kebudayaan Indonesia, Jakarta: Kementerian Parpostel, h. 136-151
Buchari, Machmud. 1992. “The Mushaf of Al-Qur’an at Istiqlal”. London: Arts & The Islamic World, No. 21.
Fathoni, Ahmad. 2005. ”Sebuah Mushaf dari Sumedang”, dalam Fadhal AR Bafadhal dan Rosehan Anwar, Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, h. 124-141
Gallop, Annabel Teh and Akbar, Ali. 2006. “The Art of the Qur’an in Banten: Calligraphy and Illumination”, Paris: Archipel 72, h. 95-156
Gallop, Annabel Teh. 2002. “Seni Hias Manuskrip Melayu” dalam Warisan Manuskrip Melayu, Kuala Lumpur: Perpustakaan Negara Malaysia, h. 233-259
Gallop, Annabel Teh. 2004. “An Acehnese Style of Manuscript Illumination”, Paris: Archipel 68, h. 193-240 
Gallop, Annabel Teh. 2004a. ”Seni Mushaf di Asia Tenggara”. Jakarta, Jurnal Lektur Keagamaan, 2 (2): 121-143 [diterjemahkan oleh Ali Akbar. Versi bahasa Inggris berjudul ”The Art of Qur’an in Southeast Asia”, dalam Fahmida Suleman (ed.), Word of God, Art of Man: The Qur’an and Its Creative Expression, (London: Oxford University Press and The Institute of Ismaili Studies, 2007, h. 191-204]
Gallop, Annabel Teh. 2005. “Seni Naskah Islam di Asia Tenggara”. Jakarta,Jurnal Lektur Keagamaan, 3 (1): 1-29 [diterjemahkan oleh Ali Akbar. Versi bahasa Inggris berjudul ”Islamic Manuscript Art of Southeast Asia”, dalam James Bennett (ed.), Crescent Moon: Islamic Art & Civilisation in Southeast Asia, Adelaide-Canberra: Art Gallery of South Australia-National Gallery of Australia, 2005-2006, h. 158-183]
Gallop, Annabel Teh. 2005a. ”The Spirit of Langkasuka? Illuminated Manuscripts from the East Coast of the Malay Peninsula”. London,Indonesia and the Malay World, 33 (96): 113-182
Gallop, Annabel Teh.  2008. “From Caucasia to Southeast Asia: Daghistani Qur’ans and the Islamic manuscript tradition in Brunei and the Southern Philippines. I-II.  Manuscripta Orientalia, 14 (1), June 2008, pp.32-56; 14 (2), December 2008, pp.3-20.
Gallop, Annabel Teh. 2010. “The Bone Qur’an from South Sulawesi”, dalamTreasures of the Aga Khan Museum: Arts of the Book and Calligraphy, ed. Margaret S. Grases and Benoit Junod, Istanbul: Aga Khan Trust for Culture and Sakip Sabanci University & Museum, pp.162-173.
Gallop, Annabel Teh. 2011. “Qur’an Manuscripts from Mindanao in U.S. Collections” http://www.oovrag.com/essays/essay2011a-1.shtml
Gallop, Annabel Teh. 2011. “Islamic Manuscripts from The Philippines in U.S. Collections: a preliminary listing, including two printed Qur’ans”http://www.oovrag.com/bibliography/bibliography13.shtml
Gallop, Annabel Teh. 2011. “An Acehnese Qur’an Manuscript in Belgium” dalam Titik Pudjiastuti dan Tommy Christomy (eds), Teks, Naskah, dan Kelisanan Nusantara, Jakarta: Yanassa, h. 50-72
Gallop, Annabel Teh. 2012. “The Art of the Malay Qur’an: Treasures from Terengganu” Arts of Asia, Jan-Feb 2012, pp. 84-95.
Hakim, Abdul. 2014. “Pola Pentashihan Mushaf Al-Qur’an di Indonesia: Benang Merah Institusi Pentashihan sebelum Tahun 1959.” Suhuf, 7 (1), h. 23-38
Hanafie, Komar. 1991. “Perkembangan al-Qur’an di Indonesia: Sebuah Telaah Kronologis”. Naskah dan Buku [Katalog pameran]. Jakarta: Festival Istiqlal I.
Huism, Tan. 2010. ”A Royal Terengganu Qur’an in the Collection of the Asian Civilisations Museum”, Arts of Asia, 40 (1): 96-100
Jaeni, Ahmad. 2013. ”Aplikasi Braille dalam Penulisan Al-Qur’an: Kajian atas Mushaf Standar Braille Indonesia.” Suhuf, 6 (1), h. 19-34
Munawiroh. 2005. ”Mushaf Kuno di Kalimantan Timur”, dalam Fadhal AR Bafadhal dan Rosehan Anwar, Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, h. 220-236
Munawiroh. 2007. “Mushaf Kuno di Provinsi Sulawesi Tenggara”. Jakarta, Jurnal Lektur Keagamaan, 5 (1): 19-38
Peeters, Jeroen. 1995. ”Palembang Revisited: Further Notes on the Printing Establishment of Kemas Haji Muhammad Azhari, 1848”. International Institute for Asian Studies (IIAS) Yearbook 1995, h. 181-190
Razak, Rajabi Abdul and Trevathan, Idries. 2010. “The 19th-century Malay Qur’an: A Comparative Study of Materials and Techniques”, Journal of Islamic Manuscript, 1: 79-94
Riddell, Peter G. 2002. “Rotterdam MS 96 D 16: The Oldest Known Surviving Qur'an from the Malay World. Indonesia and the Malay World, 30(86):9-20.
Saefullah, Asep. 2005. “Kesucian dalam Keindahan: Seni Mushaf Al-Qur’an dari Pulau Sumbawa”. Jakarta, Jurnal Lektur Keagamaan, 3 (2): 234-260
Saefullah, Asep. 2007. “Ragam Hiasan Mushaf Kuno Koleksi Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal Jakarta”. Jakarta, Jurnal Lektur Keagamaan, 5 (1): 39-62
Saefullah, Asep. 2008. ”Aspek Rasm, Tanda Baca dan Kaligrafi pada Mushaf-mushaf Kuno Koleksi Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal, Jakarta”. Jakarta:Suhuf, 1 (1): 87-110
Shohib, Muhammad. 2005. ”Manuskrip Al-Qur'an di Kalimantan Barat”, dalam Fadhal AR Bafadhal dan Rosehan Anwar, Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, h. 169-212
Sudrajat, Enang. 2005. ”Mushaf Kuno Jawa Barat”, dalam Fadhal AR Bafadhal dan Rosehan Anwar, Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, h. 110-123
Sudrajat, Enang. 2013. ”Pentashihan Mushaf Al-Qur’an di Indonesia.” Suhuf, 6 (1), h. 59-81
Surur, Bunyamin Yusuf. 2005. ”Mushaf Kuno di Sulawesi Selatan”, dalam Fadhal AR Bafadhal dan Rosehan Anwar, Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, h. 237-259
Sya’roni, Mazmur. 2003. “Beberapa Aspek Mushaf Kuno di Sumatra”. Jakarta,Jurnal Lektur Keagamaan, 1 (2): 174-189
Sya’roni, Mazmur. 2005. ”Ragam Penulisan Mushaf Kuno di Riau”, dalam Fadhal AR Bafadhal dan Rosehan Anwar, Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, h. 1-67
Syatri, Jonni. 2013. ”Mushaf Al-Qur’an Kuno di Priangan: Kajian Rasm, Tanda Ayat, dan Tanda Waqaf.” Suhuf, 6 (2), h. 295-320
Syukri, M Abdan. 2005. Mushaf Syekh al-Banjari”, dalam Fadhal AR Bafadhal dan Rosehan Anwar, Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, h. 213-219
Wieringa, Edwin P. 2009. ”Some Javanese Characteristics of a Qur’an Manuscripts from Surakarta”, dalam Stefanie Brinkmann/Beate Wiesmüller, From Codicology to Technology: Islamic Manuscripts and their Place in Scholarship. Berlin: Frank & Timme, 2009, h. 101-129
Yoesqi, Moh. Isom. 2005. ”Penulisan Mushaf Al-Qur'an di Kedaton Kesultanan Ternate”, dalam Fadhal AR Bafadhal dan Rosehan Anwar, Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, h. 260-283

Yunardi, E Badri. 2007. ”Beberapa Mushaf Kuno dari Provinsi Bali”. Jakarta,Jurnal Lektur Keagamaan, 5 (1): 1-18

Koran, Majalah Mingguan
Ahmad, Hamid. 1990. “Tangan-tangan Penuh Cinta Menuliskan Kalam Tuhan”. Jakarta: Pelita, 2 Desember.
Ahmad, Hamid. 1991. “Mushaf al-Qur’an Kuno Asli Indonesia”. Jakarta: Pelita, 11 November.
Akbar, Ali. 2008. ”Tradisi Penyalinan Al-Qur'an di Aceh”. Jakarta: Republika, 7 Agustus 2008
Buchari, Machmud. 1991. “Menuju Qur’an Resmi Beriluminasi Khas Indonesia”. Bandung: Mitra Desa, Oktober.
Gallop, Annabel Teh. 2003. ”A Remarkable Penang Qur’an Manuscript”. Heritage Asia, h. 38-41 [Edisi Desember 2003 – Februari 2004]
Hadebae, Rahmat. 1991. “Quran Berbaju Indonesia”. Jakarta: Editor No. 25, 2 Maret.
Hidayat, Syarif. 1991. “Mushaf sebagai Jiwa Naskah Islami”. Bandung: Mitra Desa, 25 Oktober.

Belum terbit (Makalah, Tesis, dan Disertasi)
Akbar, Ali. 2005. ”Kaligrafi dalam Mushaf Kuno Nusantara: Telaah Naskah-naskah Koleksi Perpustakaan Nasional RI”. Tesis Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Jakarta, 2005
Gallop, Annabel Teh. 2005a. ”Manuscript Art of Kelantan: Between Terengganu and Patani”. Makalah dalam International Seminar: The Spirit and Form of Malay Design, Kuala Lumpur, Muzium Negara, 27-29 Juni.
Gallop, Annabel Teh. 2007. ”Migrating Manuscript Art: Sulawesi Diaspora Styles of Illumination”. Makalah dalam seminar di Universitas Sydney, Sydney, 21 Juni.
Gallop, Annabel Teh. 2007a. “The Art of the Qur’an in Brunei: A Preliminary Note”. Makalah Seminar Sejarah Borneo, Pusat Sejarah Brunei, 3-5 Desember.
Gazali, M. “Ornamen Nusantara: Studi tentang Ornamen Mushaf Istiqlal”. Disertasi Program Pascasarjana IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 1998

Bacaan Terkait [tanda * belum terbit]
Fathoni, Ahmad. 2005. ”Mushaf Kuno Qiraat Imam Nafi’ Riwayat Qalun dari Yaman Selatan”. Jakarta, Jurnal Lektur Keagamaan, 3 (2): 204-218
Gallop, Annabel Teh. 2004. “Ottoman Influences in the Seal of Sultan Alauddin Riayat Syah of Aceh (r. 1589-1604)”. London, Indonesia and the Malay World, 32 (93): 176-190
Gallop, Annabel Teh. 2005. “Beautifying Jawi: Between Calligraphy and Palaeography”. Asmah Haji Omar (ed.), Malay Images, Universiti Pendidikan Sultan Idris, h. 194-233
Gallop, Annabel Teh. 2005a. ”Artists and Audiences: Illumination in Malay Literary Manuscripts”. Makalah untuk SOAS Southeast Asia Departemental Seminar, 25 Mei.*
Gallop, Annabel Teh. 2006. “Golden Words from Johor: A Royal Malay Letter from Temenggung Daing Ibrahim to Emperor Napoleon III of France”. Makalah dalam International Seminar on Malay Manuscripts, National Archives of Malaysia & National Library of Malaysia, Kuala Lumpur, 10-11 Juli.*
Gallop, Annabel Teh. 2007. “Was the Mousedeer Peranakan? In Search of Chinese Islamic Influences on Malay Manuscript Art”.*
Gallop, Annabel Teh. 2012. “Islamic Manuscript Art of the Philippines” dalam Kawashima Midori (ed.), The Qur’an and Islamic Manuscripts of Mindanao, Institute of Asian Cultures, Shophia University, 2012, pp. 71-98.
Johns, A.H. 1996. “In the Language of the Divine: The Contribution of Arabic” dalam Ann Kumar and John H. McGlynn. 1996. Illuminations: The Writing Traditions of Indonesia. Jakarta: Lontar Foundation - New York and Tokyo: Weatherhill, Inc.
Yunardi, Badri. 2006. ”Mushaf Qur’an Majid Zu Turjumah Bahasa Urdu”. Jakarta, Jurnal Lektur Keagamaan, 4 (2): 262-292
Zuriati. 2008. ”Ragam Motif pada Iluminasi Naskah-naskah Minangkabau” makalah dalam Simposium Internasional Pernaskahan Nusantara XII, Manassa, Universitas Padjadjaran, Bandung, 4-7 Agustus 2008.

Sumber Online

2 komentar:

  1. keren sekali.. trimakasih ..

    BalasHapus
  2. Quantum Binary Signals

    Professional trading signals sent to your cell phone every day.

    Follow our signals right now and earn up to 270% daily.

    BalasHapus