Senin, 16 April 2012

Qur'an tertua di Indonesia

Mushaf Al-Qur'an Tertua di Indonesia

Sejauh yang diketahui hingga sekarang, mushaf Al-Qur'an tertua yang kini terdapat di Indonesia adalah sebuah mushaf yang selesai ditulis pada hari Kamis, 21 Muharram 1035 H (23 Oktober 1625 M). Penulisnya, seperti yang tercantum pada kolofon di akhir mushaf, adalah Abd as-Sufi ad-Din. Ukuran mushaf 25 x 17 x 6,5 cm, jumlah 769 halaman, kertas dluwang (kulit kayu). Mushaf tersebut adalah milik Bapak Muhammad Zen Usman, Singaraja, Bali. Sebuah mushaf tertua lainnya, diperoleh tahun 1606 di Johor (sekarang Malaysia), kini terdapat di negeri Belanda.

 Iluminasi awal mushaf. Penggunaan motif geometris seperti ini sangat langka dalam mushaf-mushaf kuno Nusantara.

Halaman dalam.

 Permulaan Surah al-Kahf.

Halaman akhir mushaf. Kolofon (catatan naskah) di atas menyatakan bahwa mushaf ini selesai ditulis pada hari Kamis, 21 Muharram 1035 H (23 Oktober 1625 M), oleh Abd as-Sufi ad-Din.

4 komentar:

  1. Sebagai informasi tambahan, mungkin agak terlambat, tapi smoga bermanfaat. kami pernah menulis artikel tentang "naskah keagamaan Islam di Bali", termasuk Mushaf Kuno ini dalam Asep Saefullah dan M. Adib Misbachul Islam, “Beberapa Aspek Kodikologi Naskah Keagamaan Islam di Bali: Sebuah Penelusuran Awal”, Jurnal Lektur Keagamaan, Vol. 7, No. 1, 2009, h. 53-90.

    Terima kasih

    Salam

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas komentarnya. Apakah tulisan itu ada link online-nya? Kalo ada, bagus, saya akan tampilkan link-nya sekalian pada pos saya di atas. Jika belum, saya kira ada baiknya kita memperluas keterbacaan karya kita via internet, entah melalui web kantor, atau media gratisan seperti scribd, atau yg lainnya.
    Trims, Ali

    BalasHapus
  3. Saya punya quran seperti ada yg di gambar. Quran alsi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya senang sekali jika ada Qur'an yg lainnya. Boleh saya lihat fotonya Mbak Desy? Mohon diemail ke: aliakbar.kaligrafi@gmail.com
      Terima kasih banyak, ditunggu.

      Hapus