Jumat, 21 Februari 2014

Peninggalan Cheng Ho?

Jangan langsung percaya (7)

Qur’an kecil peninggalan Cheng Ho?

Ada informasi di sebuah blog yang menyatakan bahwa sebuah Qur’an kecil mirip foto di bawah ini (lebih lanjut lihat http://quran-nusantara.blogspot.com/2013/12/lagi-quran-kecil.html) merupakan peninggalan Laksamana Cheng Ho! Nah, sebaiknya kita jangan buru-buru percaya. Mengapa? Cheng Ho merupakan penjelajah Muslim yang hidup pada tahun 1371-1433 (lihat http://id.wikipedia.org/wiki/Cheng_Ho). Beberapa penjelajahannya ke sejumlah pelosok negeri dilakukannya pada awal abad ke-15, yaitu antara tahun 1405-1433. Sedangkan Qur’an kecil yang ditunjukkan dalam informasi tersebut, sebagaimana terbaca pada kolofon (catatan naskah) di akhir Qur’an, adalah jelas-jelas cetakan Istanbul, akhir abad ke-19 (lihat juga http://quran-nusantara.blogspot.com/2012/12/quran-kecil.html). Penulis asli Qur'an ini adalah Hafiz Usman, seorang kaligrafer (khattat) kenamaan Kesultanan Turki Usmani, selesai ditulis pada awal bulan Sya'ban 1097 H (Juni 1686). Namun Qur'an ini sendiri adalah hasil cetakan, yaitu dicetak di Percetakan Usmaniyah (al-Matba'ah al-Usmaniyah) pada Ramadan 1304 H (Juni 1887). 


Namun, sampai di sini pun saya masih bertanya-tanya, apakah benar Qur'an mini ini dicetak pada 1887? Apakah teknologi cetak litografi pada masa itu sudah 'support' untuk mencetak Qur'an ukuran kecil dengan baik? Kedua, sebelum dicetak kecil, mungkin saja Qur'an ini terlebih dahulu dicetak dalam ukuran besar, dan mushaf mini ini merupakan reproduksi dari Qur'an ukuran besar itu. Nah, ketika proses cetak ukuran kecil, bisa jadi, percetakan tidak melakukan koreksi terhadap kolofon yang ada di akhir Qur'an (?). Tetapi, ini baru "kecurigaan", saya belum punya bukti kuat untuk mengatakan bahwa Qur'an ini dicetak pada masa yang lebih belakangan, misalnya pertengahan abad ke-20. Pada suatu saat mudah-mudahan ada bukti yang bisa menguatkan kecurigaan saya.
Namun, yang pasti, pernyataan yang mengaitkan Qur'an ini dengan Cheng Ho, jelas tidak punya dasar yang kuat! 
Qur'an kecil cetakan Istanbul.

 Penulis asli mushaf ini adalah Hafiz Usman, khattat kenamaan Kesultanan Turki Usmani, 
selesai pada awal Sya'ban 1097 H (Juni 1686). 

Dicetak di Percetakan Usmaniyah (al-Matba’ah al-Usmaniyah) pada Ramadan 1304 H (Juni 1887).

Artikel terkait:
"Jangan langsung percaya (1): Bahasa dan tulisan": http://quran-nusantara.blogspot.com/2013/08/jangan-langsung-percaya-1.html
"Jangan langsung percaya (3): Huruf mim setelah angka tahun”: http://quran-nusantara.blogspot.com/2013/11/huruf-mim.html
“Jangan langsung percaya (4): Asal naskah”: http://quran-nusantara.blogspot.com/2013/11/asal-naskah.html
“Jangan langsung percaya (5): Cetakan litografi”: http://quran-nusantara.blogspot.com/2013/11/cetakan-litografi.html
“Jangan langsung percaya (6): Label di museum”: http://quran-nusantara.blogspot.com/2013/12/label.html

6 komentar:

  1. Biasanya klaim seperti itu atas dasar pertimbangan bisnis, agar nilai jualnya tinggi, sampai saat ini saya masih sering ditawari Qur'an mini sejenis itu, yang harganya fantastis bahkan pernah ada yg minta 1 milyar!.

    BalasHapus
    Balasan
    1. O gitu ya? Mungkin ada yg terpedaya juga ya?

      Hapus
  2. Jika kotaknya masih cantik boleh dilihat tahun cetakannya..biasanya ada dibahagian bawah dalam tempat lubang rantainya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pernah Anda lihat, cetakan tahun berapa?

      Hapus
    2. Yg pernah sy lihat tahun 1282 H

      Hapus
    3. 1282 H = 1865 M. Boleh lihat fotonya? Terima kasih.

      Hapus