Jumat, 02 November 2012

Mushaf Standar Indonesia (Bahriyah) 1991

Mushaf Al-Qur'an Standar Indonesia (Bahriyah), 1991

Mushaf ini merupakan salah satu dari tiga jenis Mushaf Al-Qur'an Standar Indonesia (lihat http://quran-nusantara.blogspot.com/2012/08/normal-0-false-false-false-in-x-none-ar_26.html). Di bagian depan mushaf tertulis "Mushaf Ayat Sudut Departemen Agama" - artinya mushaf ini berpola 'ayat sudut' (atau 'ayat pojok'), yaitu setiap halaman, di bagian sudut/pojok bawah-kiri, berakhir dengan penghabisan ayat. Mushaf dengan model seperti ini banyak digunakan oleh para penghafal Al-Qur'an (hafiz), sejak awal kemunculannya pada akhir abad ke-16 di Turki Usmaniyah. Di Turki, mushaf jenis ini disebut ayet ber-kenar.

Pada awal abad ke-20, ketika pencetakan mushaf demikian marak di dunia Islam, salah satu Percetakan yang mencetak mushaf jenis ini adalah Matba'ah Bahriyah milik Angkatan Laut Turki Usmaniyah (lihat http://quran-nusantara.blogspot.com/2012/04/mushaf-bahriyah-cetakan-turki-1910-1911.html). "Bahriyah", pencetak awal mushaf jenis ini, kemudian diambil sebagai istilah dan sekaligus menjadi pembeda dengan jenis mushaf lainnya yang berakar pada mushaf cetakan Bombay (lihat salah satu contoh edisinya http://quran-nusantara.blogspot.com/2012/09/penerbit-al-maarif-bandung.html). 
Di Indonesia, sebelum ditulisnya mushaf ini telah beredar pula mushaf pojok cetakan Menara Kudus, 1974, yang merupakan reproduksi dari sebuah mushaf cetakan Turki (lihat http://quran-nusantara.blogspot.com/2012/05/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html#more). Mushaf  jenis itu sejak lama menjadi 'andalan' para penghafal Qur'an di sejumlah pesantren khusus tahfiz di Indonesia, dan dikenal dengan istilah "Qur'an Kudus".
Mushaf di bawah ini berukuran 20 x 14 cm, tebal 4 cm. Ukuran yang agak kecil memudahkan mushaf itu dibawa-bawa untuk muraja'ah (mengulang hafalan). Mushaf ini ditulis oleh Muhammad Abdurrazaq Muhili, selesai pada 1988 / 1408 H. Tanda tashih ditandatangani oleh H Abdul Hafiz Dasuki (Ketua Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur'an) dan H Alhumam Mundzir (Sekretaris), tertanggal 5 September 1991.



















Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar